Selasa, 16 November 2010

BUAH APEL SANGAT BANYAK MANFAATNYA

BUAH APEL SANGAT BANYAK MANFAATNYA

Buah apel sangat mudah ditemukan dan mengonsumsinya juga tidak ribet. Mengonsumsinya pun dapat dilakukan dengan berbagai cara. Contohnya dengan dibuat menjadi jus, cake, atau bahkan dicampur dengan pudding. Buah ini pun sangan banyak manfaatnya untuk kesehatan ?

Buah apel itu sangat penting untuk tubuh kita ,alasannya pun beragam. Yaitu apel merupakan buah yang kandungan seratnya sebanyak 5gram atau 20 persen dari dari kebutuhan asupan sehari-hari. Mengunyah apel dengan pelan-pelan bisa mengasih tanda kenyang pada tubuh. Manisnya buah apel sangat alami dan dapat menjaga kadar gula dalam darah sama tingkat insulin pun stabil. Jadi kenyangnya pun bisa bertahan lama.
Apel ini pun punya kelebihan yang baik untuk ibu hamil, mengonsumsi buah apel dapat mengurangi resiko terjadinya asma saat melahirkan. Juga bisa melindungi paru-paru orang dewasa, dapat mengurangi terjadinya resiko asma, kanker paru-paru, dll. Orang yang biasa mengonsumsi apel lebih dari satu dalam sehari, bisa menurunkan resiko beberapa jenis penyakit kanker(mulut, esophagus, usus besar, payudara, ovarium, prostat, dll) sebanyak 9-42 persen.

Zat pektin adalah sejenis serat dan polifenol adalah sejenis antioksidan yang kuat dalam apel. Buah apel bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mengoksidasi kolesterol jahat. Proses kimiawi mengubahnya menjadi plak yang dapat menyumbat arteri. Makan apel harus sama kulitnya karena kulit apel mempunyai 2-6 kali senyawa antioksidan.

Buah apel juga membuat otak bakal terus terjaga atau bekerja dengan baik walaupun usia nambah terus. Hal ini dikarenakan buah itu meningkatkan produksi asetilkolin adalah zat kimia yang menstransmisikan pesan ke sel-sel saraf.

SUMBER : MAJALAH GAUL