Selasa, 20 Maret 2012

KEWIRAUSAHAAN

MEMULAI USAHA TANPA UANG

Salman azis Alsyafdi
Pemilik Warnet Gue

Salman Azis Alsyafdi telah membuktikan bahwa bisnis bisa dirintis tanpa modal uang sepeser pun. Berawal dari usaha jual - beli nasi goreng dan buku foto kopian, bisnis Salman terus berkembang ke segala arah. Dari warnet dan penyewaan komputer,toko foto,hingga laundry,dan usaha salon. Dan Salman telah membuktikan bahwa modal utama berusaha memang bukan uang, melainkan kejelian membaca peluang,kemauan dan kreativitas.

Kisahnya dimulai pada tahun 2003, sebagai siswa SMU Insan Cendekia sekolah asrama (boarding school) di Serpong. Ia dan kawan-kawannya merasa bosan dengan menu makanan yang disediakan asrama. Mau mencoba makanan yang lain tapi tidak bisa. Namun keadaan ini justru menggelitik naluri bisnis Salman. Ia menanyakan siapa saja yang ingin membeli makanan di luar asrama. Ia bersama dua rekannya mengayuh sepeda hingga 3 km mencari tukang nasi goreng yang murah dan enak, dan menjualnya lagi kepada pemesan tadi. Usaha ini tidak membutuhkan modal sama sekali, karena sebelum membeli makanan ke pedagang ia sudah meminta uangnya kepada siswa yang ingin membeli. 

Ia terobsesi dengan berwirausaha, itu gara-gara ketika ia masih duduk di bangku SMU. Bapaknya memberika buku berjudul ''Rich Dad Poor Dad", karya fenomenal Robert T.Kiyosaki. Ia menemukan sebuah inspirasi dari buku itu mengenai pilihan hidup yang sangat menarik "sebagai manusia saya tidak ingin untuk mengikuti arah arus yang ditetapkan sejumlah orang. Saya ingin menciptakan arus itu sendiri," ujarnya.

Ia melanjutkan Perguruan Tingginya di Fakultas Ilmu Komputer UI, melihat buku-buku teks kuliah di Fasilkom yang begitu besar dan tebal, serta jumlah mahasiswanya yang mencapai ratusan, muncul sebuah gagasan untuk berjual foto kopian buku. Dengan cara membagikan kertas selembar kepada teman-temannya sesama mahasiswa, "Bagi yang ingin pesan buku foto kopian silakan tulis di sini." Uang muka pesanan inilah yang menjadi modal Salman untuk membeli buku aslinya. Pembayaran foto kopiannya dilakukan secara menyicil, seiring dengan pelunasan biaya buku foto kopian oleh teman-temannya. 

Ia tak pernah berhenti mencari peluang bisnis, ia mengamati banyak mahasiswa Fasilkom dan mahasiswa dari fakultas lain juga banyak yang membutuhkan komputer, sarana wajib bagi perkuliahan mereka. Namun pada waktu itu, awal tahun 2004, belum ada toko komputer yang menjual komputer murah branded. 

BIODATA
Salman Aziz Alsyafdi, S.KOM
Jakarta, 11 Februari 1986
Website : www.ilmusalman.wordpress.com
Email     : salmanazis@yahoo.com/salmanazis@gmail.com

PENDIDIKAN
S1 Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia

NAMA USAHA)
Warnet Gue (warnet dilengkapi fasilitas servis dan penjualan komputer)
Website  : www.warnetgue.com
Alamat   : Batan Indah No.E-27, BSD, Serpong. Telp : 021-75871580
 
PENGHARGAAN
2007 Pemenang II Wirausaha Muda Mandiri Kategori Mahasiswa program Diploma dan Sarjana
2008 Best Enterpreneur Fakultas Ilmu Komputer Universitas Gunadarma

Menurut saya sifat Bapak Salman patut dicontoh, sebagai mahasiswa kita harus berpikiran luas dan berusaha untuk sukses tanpa harus memikirkan modal berupa uang. kita juga harus menentukan jalan hidup yang baik dan sukses untuk mengejar masa depan.